Review Film Alive (2020) : Aksi Bertahan Dari Serangan Zombie yang Menegangkan

Halo sobat M Review. Tau nggak, sih? Korea selatan kembali merilis film Alive (2020) bertemakan zombie pada tahun 2020 ini.

Film yang berjudul #ALIVE yang digarap oleh sutradara Cho II-hyung yang didampingi oleh penulis naskah Matt Naylor ini berhasil menjual satu juta tiket bioskop Korea Selatan setelah satu minggu tayang perdananya.

Ada yang berbeda dari film zombie lainnya, film Alive tidak berfokus pada aksi cepat seperti film Train To Busan, melainkan sebuah film yang berurusan dengan zombie dalam kesendirian. Dalam 10 menit pertama, adegan film langsung masuk pada inti masalahnya, yakni kemunculan zombie secara tiba-tiba yang terjadi karena suatu wabah penyakit.

Profil Film Alive (2020)

  • Judul Film: #Alive
  • Romanization: #Salaidda
  • Hangul: #살아있다
  • Sutradara: Cho II Hyeong
  • Penulis Naskah: Matt Naylor, Cho II Hyeong
  • Produser: Oh Hyo Jin, Lee Yoo Jin, Kim Sae Mi
  • Cinematographer: Son Won Ho
  • Tanggal Rilis: 24 Juni 2020
  • Runtime Waktu Tayang: 98 menit
  • Genre: Zombie, Thriller
  • Distribuor: Lotte Cultureworks

Sebelumnya film ini dikabarkan akan rilis dengan judul #Alone, namun ketika akan dirilis diganti menjadi #Alive.

Trailer

Berikut ini adalah cuplikan trailer film Alive yang dibintangi duet Park Shin Hye dan juga Yoo Ah In.

Plot dan Sinopsis Oleh M Review

Sebuah kota terinfeksi pandemi dan wabah virus yang sangat misterius, yang menyebabkan kekacauan yang tidak bisa dikontrol. Joon Woo (Yoo Ah In) dan juga Yoo Bin (Park Shin Hye), berjuang untuk menyelamatkan diri dari sebuah apartemen yang sudah terinfeksi virus. Apartemen ini terisolir termasuk koneksi internet, telepon dan bahkan listrik tidak bisa bisa digunakan.

Pemeran Utama dan Cast Member

  • Yoo Ah In: Oh Joon Woo
  • Park Shin Hye: Kim Yoo Bin
  • Jeon Bae Su: Pria Bertopeng
  • Lee Hyun Wook: Lee Sang Chul

Review Film Alive (2020)

Film yang dibintangi oleh Yoo Ah-in dan Park Shin-hye ber-setting di apartemen dengan banyak lantai. Yoo Ah-in yang berperan sebagai Joon-wo terjebak dalam apartemen tanpa sinyal, jaringan internet, dan Wi-Fi sehingga sulit melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan. Yang lebih mengerikan, Joon-wo harus terjebak dalam apartemen dengan stock makanan yang semakin menipis dari hari ke hari.

Film Survival

Survival di FIlm #Alive

Yoo Ah-in (Joon-wo) memiliki karakter sebagai seorang anak muda yang mencoba bertahan hidup dalam kesendirian. Ia memiliki prinsip, bagaimana pun keadaannya ia tak boleh meninggalkan apartemennya dan tak ingin mati karena serangan zombie yang mengelilingi apartemennya. Joon-wo ditonjolkan dengan karakter yang memiliki rambut berwarna pirang dengan sifat pemalas yang membuat karakter nya menjadi lebih nyata.

Beberapa menit berikutnya adegan dan scene film dalam film Alive hanya ada Joon-wo sehingga alur terkesan melambat dan menurun dengan pembuka yang meledak-ledak. Perjuangan seorang Joon-wo untuk bertahan dari serangan dan wabah zombie dari hari kehari semakin terasa berat hingga akhirnya Joon-wo memutuskan untuk bunuh diri, namun aksi tersebut dicegah oleh seorang wanita yang tinggal bersebrangan dengan rumahnya.

Park Shin-hye yang berperan sebagai Yoo-bin memiliki karakter sebagai penolong bagi Joon-wo. Wanita yang ternyata bertetangga dengan Joon-wo memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan Joon-wo. Jika Joon-wo hanya memilili sedikit persediaan untuk bertahan hidup dalam menghadapi wabah zombie, sedangkan Yoo-bin memiliki banyak persediaan dan mempersiapkan berbagai penghalang yang terbuat dari properti rumahnya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu zombie menyerang.

Thriller Dan Menegangkan

Scene Menegangkan

Film yang berdurasi 1 jam 38 menit itu memiliki perpaduan scene yang menegangkan. Karakter Yoo Ah-in dan Park Shin-hye begitu sangat mendalami setiap adegan yang mereka perankan. Film alive yang bertemakan zombie ini merupakan film yang perdana yang mereka bintangi secara bersamaan. Dalam film, keduanya memiliki karakter dan gaya hidup berbeda namun memiliki satu persamaan, yakni perasaan putus asa dan kemauan yang kuat untuk bertahan hidup menghadapi wabah virus yang mengubah manusia menjadi zombie.

Visual zombie yang ditampilkan pada film Alive pun terkesan apik dan seperti nyata. Kesan mengerikan dari setiap tampilan zombie yang berbeda dan bermacam-macam menambah ketegangan hingga akhir durasi film. Penampilan zombie dalam film Alive memang mengundang decak kekaguman tersendiri. Visualisasi zombie dalam film lainnya identik dengan sineas barat, namun dalam film Alive karakter zombie lebih mendetail dan berbeda. Dari mulai penampakan, cara berjalan, membunuh manusia, hingga detail terkecil sekalipun sangat diperhatikan. Selain itu, zombie dalam film Alive mampu bergerak dengan cepat.

Efek Sekelas Hollywood

Efek Sekelas Hollywood

Film Alive yang bertemakan zombie juga memiliki sinematografi yang menarik dan mampu membuat sinergi antara plot dan cerita hingga penonton diberikan sebuah pengalaman yang menegangkan, menyentuh dan menyeluruh. Segi visual, audio, dan segi emosional tercampur menjadi satu.

Pesan yang tersampaikan dalam film Alive ini adalah kemampuan untuk bertahan dalam kondisi apapun merupakan hal yang harus dimiliki bagi setiap orang. Rasa pantang menyerah dan tidak putus asa untuk menghadapi suatu rintangan. Selain itu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak luput dari bantuan orang lain. Saling membantu satu sama lain dalam mengahadapi rintangan merupakan kewajiban kita sebagai seorang manusia.

Cara Nonton Film Alive (2020)

Sobat M Review dapat menyaksikan keseruan film Alive melalui streaming secara gratis di beberapa situs seperti drakorid.tv, ratudrama.id, kordramas.net, dan situs streaming film lainnya. Selain itu untuk kamu yang memiliki Netflix berlangganan secara resmi memang film satu ini ditayangkan oleh platform satu ini. Selamat menikmati!

Leave a Comment