Drama Korea Reply 1988, Nostalgia Yang Manis dan Hangat

Pada kesempatan kali ini, M Review akan memberikan ulasan mengenai salah satu drama korea terbaik sepanjang masa. Pasalnya, serial Reply 1988 dengan jumlah 20 episode ini sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari.

Drama korea yang rilis pada tahun 2015 ini kerap kali masih menjadi drama korea favorit bagi sebagian besar pecinta drama korea. Daebak! Sebagus itu kah serial reply 1988 yang satu ini? Yuk simak reviewnya agar pembaca setia M Review tidak lagi menunda-nunda untuk menonton drama yang satu ini!

Profil Drama Korea Reply 1988

  • Judul Drama: Reply 1988
  • Romanization: Eungdabhara 1988
  • Hangul Korea: 응답하라 1988
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Penulis Naskah: Lee Woo Jung
  • Siaran/Channel: tvN
  • Jumlah Episode: 20
  • Waktu Rilis: 6 November 2015 – 16 Januari 2016
  • Waktu Tayang: Jumat dan Sabtu pukul 19:50 waktu korea

Trailer

Cast dan Pemeran Utama Drama Korea Reply 1988

Hyeri-Reply_1988HyerisebagaiDuk Sun
Ryoo_Joon-Yeol-Reply_1988Ryoo Joon YeolsebagaiJung Hwan
Ko_Gyung-Pyo-Reply_1988Go Gyung PyosebagaiSun Woo
Park_Bo-Gum-Reply_1988Park Bo GumsebagaiTaek
Lee_Dong-Hwi-Reply_1988Lee Dong HwisebagaiDong Ryong

Drama Korea Lainnya: Review Hi Bye Mama Lengkap Dengan Sinopsis, Pemain, Dan Informasi Drama Korea Lainnya

Review Reply 1988

Reply 1988 merupakan drama korea yang tayang pada tahun 2015 dengan latar belakang tahun 1988– sesuai dengan judulnya, latar belakang dan suasana yang disajikan menggambarkan kehidupan masyarakat, keadaan ekonomi dan keadaan politik pada tahun 1988.

Drama series Reply 1988 yang disutradarai oleh Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jung merupakan garapan dari drama seri Reply sebelumnya, yakni reply 1997 yang tayang pada tahun 2012 dan Reply 1994 yang tayang pada tahun 2013. Seri Reply 1988 berhasil memenangkan rating sebesar 18,8 persen dan hingga saat ini menduduki peringkat ke-4 drama korea tv kabel dengan rating tertinggi. Selain itu, Reply 1988 juga meraih penghargaan utama dalam acara TvN10 Awards.

Alur Menarik dan Membuat Penasaran

Menggunakan alur maju mundur, menjadi ciri khas yang digunakan sutradara Shin Won Ho dalam seri Reply, termasuk Reply 1988. Setting waktu yang digunakan benar-benar sesuai sehingga penonton dapat diajak menyelisik kehidupan tahun 1988 di Korea Selatan. Selain itu, drama ini sangat kental dengan budaya Korea Selatan pada tahun 1988. Karena pada saat itu, Korea Selatan menjadi perhatian dunia dan menjadi tuan rumah Olympic 88.

Drama dengan 20 episode ini mengangkat kisah persahabatan lima orang remaja 18 tahun beserta keluarganya dalam suatu komplek perumahan, yang bernama ssamundong. Kelima orang tersebut adalah Sung Duk Seon (Lee Hyeri), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Choi Taek (Park Bo Gum), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi). Dari kelima orang tersebut, hanya Duk Seon lah yang seorang perempuan. Selain karakter utama, banyak karakter penting didalamnya. Namun alur yang digunakan tetap fokus pada satu sisi dan tidak berkembang biak menceritakan hal-hal yang diluar karakter.

Kisah persahabatan yang dimulai sejak kecil hingga beranjak dewasa dan didukung oleh hubungan dari masing-masing keluarga yang saling mengasihi satu sama lain membuat penontonnya merasa menjadi bagian dari persahabatan mereka. Tidak hanya itu, kehidupan persahabatan mereka juga dibumbui dengan kisah percintaan yang bikin baper.

Sama seperti seri Reply sebelumnya, Reply 1988 membuat penonton menebak-nebak siapakah suami dari karakter protagonis perempuan yakni Sung Duk Seon. Melalui kisah persahabatan dan kehidupan sehari-hari mereka perlahan-lahan petunjuk dan kebenaran perasaan satu sama lain antara karakter terungkap.

Baca Juga: Nonton Dinner Mate Sub Indo, Drama Komedi Romantis Gratis

Drama Keluarga dan Persahabatan

Bagian yang menjadikan drama ini terasa berbeda adalah setiap episode menyajikan adegan kekeluargaan yang begitu erat. Rutinitas dari keseharian yang dilakukan lima keluarga dalam satu kompleks menunjukkan eratnya kekeluargaan yang terjalin. Kisah lima keluarga dengan latar sosial dan ekonomi yang berbeda dikemas dengan sangat apik.

Berbagai permasalahan dari setiap keluarga memberikan banyak pelajaran yang berharga. Kehidupan bertetangga membuat mereka menjadi lebih dekat satu sama lain. Masing-masing keluarga memiliki kisah hidup tersendiri. Drama ini menayangkan kisah hidup keluarga yang saling memberikan dukungan baik suka maupun duka.

Banyak adegan dan momen yang tidak hanya membuat gelak tawa, namun mampu meneteskan air mata. Kisah hangat, lucu, dan haru bercampur menjadi satu dalam kisah persahabatan mereka. Persahabatan yang terjalin pun tidak hanya pada kelima remaja berusia 18 tahun. Tetapi juga Ibu-ibu dan Bapak-bapak dalam kompleks tersebut.

Kisah persahabatan dan kekeluargaan yang dikemas dalam drama ini sangat realistis dengan kehidupan sehari-hari. Pertengkaran serta permasalahan yang terjadi dalam masing-masing keluarga diakhiri dengan momen saling bahu membahu dan memberikan dukungan satu sama lain. Pembawaan kisah yang manis dan hangat menjadi salah satu dari keunggulan drama Reply 1988. Tidak hanya alur cerita yang menarik, namun karakter yang diperankan mampu menghanyutkan para penonton dalam kisah mereka masing-masing.

Terlepas dari momen-momen yang tidak bisa dilupakan dalam seri Reply 1988 ini, saya mengharapkan seri Reply berikutnya akan hadir tahun depan. Let’s hope and pray!

Leave a Comment